INTERNALISASI NILAI-NILAI, NATA LAKUKAN PEMBEKALAN BAGI CALON PENGABDIAN

Sampang, 14 Juli 2022

Biro IV Humas dan Kerjasama Pondok Pesantren Nazhatut Thullab mengadakan pembekalan pengabdian kepada santri selama dua hari. Pembekalan dilaksanakan pada 13 sampai dengan 14 Juli 2022 dengan penyampaian materi tentang value nata dan hakikat santri.

Pembekalan ditujukan kepada santri yang akan diterjunkan di kalangan masyarakat sebagai upaya memupuk nilai-nilai Nazhatut Thullab yakni Nalar, Alem Tor Amil, Teggu Ben Teggil, dan Andhap Asor. Nilai-nilai Nata diharapkan dapat diterapkan oleh santri sebagai bekal menghadapi masyarakat umum.

Selain nilai-nilai Nata yang ditanam, para santri juga dibekali pengetahuan ubudiyah dasar dan materi kerjasama dengan masyarakat.

Pembekalan pengabdian disampaikan oleh para ahli di bidangnya masing-masing seperti Ust. Mat Romli yang menyampaikan materi Ubudiyah Dasar, Ustadz Moh Sholeh Hoddin selaku Kepala Biro I Kepondokan sharing materi norm sikap. Adapun internalisasi nilai-nilai Nata khususnya Nalar disampaikan oleh Ustadz Sarifudin Hidayatullah sebagai bekal para santri untuk mengembangkan Mindset sebagai landasan utama menghadapi materi. Serta materi terakhir yakni membangun kerjasama disampaikan oleh Ustadz Agus Husnul Yaqin sebagai kepala bidang pengabdian agar santri memahami bagaimana membangun hubungan dengan masyarakat yang baik.

Materi-materi yang disampaikan merupakan bekal secara keseluruhan supaya santri bisa mandiri dan mampu menyelesaikan setiap masalah yang akan dialami nantinya saat menghadapi masyarakat umum.

Uniknya, pembekalan tidak hanya dilaksanakan di dalam ruangan tetapi dilaksanakan pula secara outdoor agar para santri secara rileks memahami pemaparan materi. Dan juga pembekalan diiringi dengan diskusi santai antara santri dan pemateri. Hal ini diharapkan seluruh materi yang disampaikan dapat diaplikasikan saat membimbing masyarakat nantinya.

Jurnalis nata