PRAKTEK MANASIK HAJI 2022-2023

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Kembali menggelar Praktek Manasik Haji bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji di Makkah. Kegiatan ini dikemas dalam sesi Evaluasi Belajar Tahap Akhir Pesantres (EBTAPES) dan diikuti oleh 196 santri  tingkat akhir. Berbeda dengan praktek manasik haji pada umumnya, pelaksanaan praktek manasik haji di Nazhatut Thullab dilaksanakan dengan rundown dan durasi yang sama dengan pelaksanaan ibadah haji yang sebenarnya.

Rangkaian Kegiatan dimulai dengan pembekalan materi dan do’a-do’a ibadah haji yang dilaksanakan di awal bulan Dzulhijjah, dan dilanjutkan dengan ujian lisan. Pelaksanaan praktik dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok Ifrod dan kelompok Tamattu’. Kelompok tamattu’ memulai rangkaian ibadah haji dari hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah) dengan melakukan ibadah umroh sebelum pelaksanaan haji. Sedangkan kelompok Ifrod memulai rangkaian praktik ibadah haji dari hari Arofah (9 Dzulhijjah) dengan melakukan thawaf qudum lalu bergabung ke Arofah untuk melakukan wuquf bersama kelompok tamattu’. Wuquf di Arofah dimulai dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Terik matahari di padang Arofah (gunung malang) tidak membuat para peserta praktik manasik haji kendor, mereka berlomba-lomba membaca al-Qur’an dan sholawatan.

Malam harinya, para peserta digiring menuju lokasi muzdalifah yang terletak kurang lebih 800 meter dari lokasi Arofah. Di sana, mereka melakukan mabit (bermalam) dan mengumpulkan kerikil sebagai persiapan lempar jumroh di pagi hari-nya. Menjelang waktu subuh, mereka diberangkatkan menuju Mina untuk melakukan mabit, lempar jumroh Aqobah dan Tahallul Awal dengan mencukur Sebagian rambut.

Setelah pelaksanaan sholat Idul adha Bersama di masjid Al-‘Allam Prajjan, para peserta manasik haji melakukan ziarah ke makam sesepuh Pondok Pesantren Nazhatut Thullab. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan melakukan Thawaf Ifadhoh dan Sa’i antara Shofa dan Marwah. Pelaksanaan manasik kemudian dilanjutkan dengan lempar jumroh dan mabit di mina pada 2 hari Tasyrik.

Pada tanggal 12 Dzulhijjah, setelah melakukan lempar jumroh, kelompok ifrod diarahkan untuk melakukan ibadah umroh, kemudian dilanjutkan dengan thawaf wada’ (Perpisahan) secara serentak Bersama kelompok tamattu’ sebagai tanda berakhirnya pelaksanaan praktik manasaik haji tahun 2022 M.

Kegiatan ini diharapkan akan terus berlanjut secara rutin pada tahun-tahun berikutnya, “Alhamdulillah praktik manasik haji tahun ini berjalan dengan lancar, saya ucapkan terimakasih untuk semua panitia, tim penilai serta semua peserta yang telah memainkan perannya masing-masing demi lancarnya kegiatan ini. Semoga kedepannya kegiatan ini bisa tetap dilaksanakan secara rutin, karena sangat bermanfaat dan mampu memberikan pemahaman yang utuh tentang rangkaian pelaksanaan haji dari sekedar memahaminya melalui kita atau buku pedoman haji. Juga, Saya ucapkan terimakasih kepada ustadz H. Mat romli dan Ustadzah Hj. Sainah selaku penanggung jawab Ebtapes Haji tahun ini. Dan semua panitia yg sudah banyak mengorbankan waktu,tenaga dalam mempersiapkan semuanya. Mulai dari awal hingga akhir.”, tutur Ustadz Rahul selaku Ketua Panitia Manasik Haji 2022

 

Triananda, Aisyah, Oliv; Jurnalis nata