Tahun ini, Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Tetap adakan Praktek Haji

www.nata.ponpes.id - Idul adha tahun ini, Pondok Pesantren Nazhatut Thullab tetap mengadakan praktek ibadah haji untuk para satrinya. Kegiatan yang merupakan agenda rutin tahunan pesantren ini tetap dilaksanakan meski dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini. Pengawasan dan penerapan protokol kesehatanpun lebih ditingkatkan dalam praktek haji tahun ini daripada tahun sebelumnya guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam pelaksanaanya, praktek ibadah haji tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Para peserta yang merupakan santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Nazhatut Thullab akan mempraktekkan secara langsung pelaksanaan ibadah haji, mulai dari syarat, rukun dan ketentuan-ketentuan lain yang ada dalam ibadah haji, seperti Ihram, wukuf, mabit, thawaf dll.  Kegiatan yang dilaksanakan dalam waktu tiga hari ini akan selesai tepat pada hari raya Idul Adha 1441 H bertepatan dengan selesainya ritual ibadah haji dunia.

Antusiasme peserta yang merupakan santri tingkat akhir Pondok Pesantren Nazhatut Thullab tahun inipun tidak kalah dengan tahun sebelumnya. Mereka dengan senang hati menjalankan seluruh rentetan agenda kegiatan yang telah dipersiapkan oleh para panitia pelaksana, sehingga pelaksanaan praktek ibadah haji tahun inipun terlihat meriah dan menyenangkan.

Salah satu peserta menuturkan, kegiatan praktek haji adalah salah satu hal yang sangat dia sukai dari beberapa kegiatan praktek yang ada di Pondok Pesantren Nazhatut Thullab, karena kegiatan praktek haji yang dilakukan seperti halnya haji sesungguhnya ini tidak ada disemua pesantren.

Abdul Holik, Lc., Ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan bahwa tidak ada perbedaan apapun dalam pelaksanaan praktek haji tahun ini dari tahun kemarin. Hanya saja penerapan dan pengawasan protokol kesehatan akan lebih ditingkatkan dari tahun sebelumnya mengingat saat ini sedang dalam masa pandemi.

“semua agenda kegiatan praktek haji yang telah disusun akan dilaksanakan, hanya saja untuk tahun ini penerapan dan pengawasan protokol kesehatan kepada peserta akan lebih ditingkatkan. Semoga kegiatan praktek haji tahun inipun bisa berjalan dengan lancar seperti tahun-tahun sebelumya.” Pungkasnya.

 

/Zam